Jumat, 22 Januari 2010

PULANG BASAMO PENUH SENSASI

Penuh canda, tawa, heboh dan lucu. Itulah suasana yang terjadi ketika Ikas Jaya mengadakan lomba MTQ tingkat lansia (lanjut usia). Memang agak unik, jika selama ini lomba MTQ diadakan untuk tingkat anak-anak, remaja dan dewasa, justeru Ikas Jaya mengadakan MTQ tingkat lansia.

Suasana peserta mempersiapkan diri sebelum dipanggil panitiaKenapa harus tingkat lansia? Alasannya sederhana, kapan lagi para orangtua kita bisa mengekspresikan kemampuannya di depan umum, naik panggung, tersenyum ceria dan berkumpul dalam suasana yang mendebarkan dan harap-harap cemas. Bayangkan, jika ada orangtua kita yang giginya lebih banyak yang lepas dari yang tersisa naik panggung, pegang piala dan sambil senyum. Mmhh... tentu suasananya haru dan lucu.
Acara ini direspon positif oleh orangtua pada semua jorong di Nagari Aua Kuniang. Jumlah peserta lomba MTQ tingkat lansia ini sebanyak 21 orang dari 6 jorong. Semua jorong di Nagari Aua Kuniang mengirimkan utusannya yaitu Jorong Sukomananti, Padang Tujuah, Pinaga, Lubuak Landua, Lembah Binuang dan Jorong Bukik Nilam. Acara diadakan di Mesjid Baitussalam, Sukomananti tanggal 24 September 2009.


Persyaratan lomba antara lain, usia diatas lima puluh tahun, mewakili jorong di Aua Kuniang, berpakaian rapi, dan satu jorong maksimal empat peserta. Sebenarnya setiap jorong megirimkan wakilnya 4 orang tetapi panitia konsisten dengan persyaratan yang telah disepakati. Sebelum acara dimulai panitia melakukan check usia peserta. Ternyata ada yang berumur kurang dari 50 tahun sehingga didiskualifikasi. Inilah sikap konsisten terhadap sebuah peraturan yang ditunjukkan oleh panitia.


Foto bersama antara peserta setelah acara dengan ketua panitiaMeskipun acara ini bersifat santai, untuk urusan penilaian Ikas Jaya tetap profesional. Untuk juri irama diminta kesediaan Ibu Upik yang merupakan juri profesional tingkat Kabupaten. Juri Adab adalah Bapak Bustamam Ismail dari Ikas Jaya. Dan juri tajwid dipercayakan pada Bapak Andesta, ustadz muda tingkat kabupaten.


Dan yang pasti, Acara Pulang Basamo Ikas Jaya tahun 2009 penuh makna dan sensasi. Melakukan lomba MTQ tingkat lansia adalah salah satu sensasianya, semoga acara ini bernilai Ibadan bagi semua, amiin.


* Diterbitkan dalam Buletin IKPB edisi 5, Januari 2010

Tidak ada komentar: