Kamis, 17 Januari 2013

REDD: Peluang HPH Menurunkan Emisi Global

REDD: PELUANG HPH MENURUNKAN EMISI GLOBAL




Selama ini orang hanya mendapatkan informasi bahwa hutan produksi adalah sumber emisi nasional. Tidak banyak yang tahu bahwa hutan produksi justeru paling tinggi menyerap karbon. Kenapa bisa demikian ?  Bagaimana dengan hutan rakyat, hutan konservasi dan area penggunaan lain?
 
Untuk menghitung potensi biomassa dan karbon hutan, Buku ini memberikan informasi yang lengkap mengenai rumus-rumus pada beberapa jenis pohon dan rumus umum yang dikembangkan oleh penulis melalui riset yang panjang dengan metode destruktif. Cara menghitung karbon akar pohon juga bisa anda peroleh melalui rumus yang sudah disajikan lengkap pada buku ini.

Hal lain yang mungkin akan mengagetkan anda, kenapa HPH/HTI bisa menjadi sumber penyerap emisi? Apa yang harus dilakukan pemerintah sebelum memberikan izin konsesi pada perusahaan ? Bagaimana pengaruh Lembaga Penilai Independen (LPI) terhadap Pengelolaan Hutan Produksi Lestari di Indonesia dan apa hubungannya dengan REDD? Perlukan baseline untuk HPH atau HTI dibangun sendiri atau sebaiknya seperti apa ? Buku ini mengupas dengan lengkap semua pertanyaan tersebut. Selamat membaca !




Buku ini telah memberikan gambaran yang nyata bahwa pengelolaan hutan lestari di areal HPH yang menerapkan Teknik Silvikultur Intensif akan meningkatkan stok karbon sebagai salah satu mitigasi terhadap perubahan iklim dan upaya inovasi REDD+ di Indonesia.
 (Zulkifli Hasan – Menteri Kehutanan) 


Momentum penerbitan buku ini sangat tepat dan sejalan dengan upaya pemerintah mendorong implementasi program REDD+ melalui peningkatan serapan karbon (carbon enhancement).
(Sugiono – Ketua Umum APHI)



Buku provokatif  ini berani membedah mitos, bahwa HPH bukan perusak hutan semata. Sebalinya, HPH juga mampu berkontribusi bagi mitigasi perubahan iklim.
(Agung Nugraha – Ketua Harian Masyarakat Perhutanan Indonesia / MPI)


Tidak banyak penulis yang mengangkat Citra Pengelolaan Hutan di Indonesia dapat memberi kontribusi positif terhadap Emisi Global. Buku yang berjudul “REDD: Peluang HPH menurunkan Emisi Global” sangat menarik untuk dibaca. Gaya bahasa yang disampaikan mencerminkan bahwa penulis bukan hanya seorang ilmuan tetapi sarat dengan pengetahuan terapan. 
(Dr. Hasbillah – Direktur Eksekutif Indonesian Resource Institute)


Penulis bisa dihubungi :
Gusti Hardiansyah : gusti.hardiansyah@gmail.com
Muhammad Ridwan : mhd_ridwan2002@yahoo.com

Tidak ada komentar: